Recent Posts :

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Pantai Parangtritis (Parangtritis Beach)

Pantai Parangtritis adalah empunya pantai di Yogyakarta. Banyak hal yang dibincangkan tetntang pantai parangtritis ini yaitu pemandangan matahari terbenamnya yang sangat romantis bagi pasangan-pasangan yang menikmatinya dan yang kedua adalah mitos tentang Nyai Roro Kidul. Banyak yang mempercayai juga bahwa pantai parangtritis merupakan gerbang menuju alam gaib.Terlepas dari itu semua, Sebagai kawasan wisata, Parangtritis dikelola baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul.  Mulai dari fasilitas dan apapun yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Pantai parangtritis hanya 27 km dari Kota Jogja. Sekitar 1 jam bila anda naik motor dari UNY. Anda dapat juga menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum, atau bus kota. Bila anda menggunakan angkutan umum, anda  naik dari terminal Umbulharjo. terdapat dua rute pilihan: yaitu, Imogiri-Siluk atau Kretek. Bila anda ingin menikmati perjalanan ke pantai parangtritis di sarankan menggunakan rute Imogiri-Siluk. Melalui rute Imogiri-Siluk, Anda akan disuguhkan pemandangan bukit2 kapur yang indah dan juga melewati pemakaman keluarga Raja. Tetapi apabila anda ingin cepat sampai ke tujuan parangtritis, anda disarankan menggunakan rute Kretek.

Biaya Masuk/Tiket masuk:
Hanya dengan Rp. 3.000,- saja. 

Fasilitas di tempat wisatata parangtritis:
  • Melihat matahari terbenam di pantai parangtritis adalah salah satu yang paling diminati.  Oleh sebab itu, saat terbaik pergi ke Parangtritis adalah saat menjelang senja.
  • Bendi/dokar mini yang akan mengantar menyusuri indahnya Parangtritis. Bagi yang lebih suka naik kuda secara langsung juga bisa datang ke penyewa kuda.
  • Bermain layang-layang juga dapat dijadikan pilihan untuk bersantai sambil bersenang-senang.
  • Bagi yang suka berpetualang atau memiliki jiwa petualang, ATV (All Terrain Vehicle) wajib anda coba. Anda dapat menaklukkan bukit-bukit pasir di sepanjang pantai, dengan ATV tersebut( sangat mengasyikan). Biaya sewa ATV sekitar  Rp. 50.000,- sampai dengan Rp100.000,- per setengah jam.
Karena ombaknya yang begitu besar dan kencang, pengunjung Pantai Parangtritis sebaiknya tidak berenang di pantai. Jangan kuatir bagi yang ingin mandi disana sudah tersedia pemandian umum, diantaranya pemandian Parang Wedang yang airnya konon dapat mengobati berbagai penyakit kulit(karena mengandung belerang).

Di pantai Parangtritis Mitos tentang Nyai Roro Kidul juga menambah menarik dan mengagumkan untuk pantai ini. sering di adakan upacara-upacara ritual untuk menghormati Nyai Rara Kidul. Kraton Yogyakarta menjadikan Parangtritis untuk tempat upacara Labuhan. Nelayan setempat juga melakukan upacara setiap selasa kliwon dan jum'at kliwon. Acara ritual dilakukan pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncaknya adalahi pada malam 1 Suro, dan dua sampai tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar