Recent Posts :

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Acara Budaya dan Seni Yogyakarta

Acara Budaya Yogyakarta






1.      Labuhan Hondodento
Sebuah Upacara Labuhan yang diadakan di pantai Parangkusumo, Parangtritis, Bantul. Tujuannya adalah memohon keselamatan dan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Biasanya diadakan setiap awal tahun.
2.       Siraman Pusaka
Diadakan di Bangsal Manis Keraton Ngayogyakarta. Sebuah upacara Pangupakara (Siraman Pusaka)
3.       Upacara Adat Bekakak
Diadakan Oleh masyarakat kecamatan Gamping, Sleman. Sebuah upacara memohonkeselamatan bagi para penambang gamping dengan puncak acara menyembelih sepasang Bekakak atau boneka pengantin yang terbuat dari beras ketan dan diisi dengan sirup gula jawa.
       4.       Sekaten
Sebuah acara perayaan yang bertempat di alun2 utara Kraton Ngayogyakarta. Pada hari pertama sekaten akan diiringi dengan keluarnya Gamelan Kanjeng Kyai Sekati. Perayaan Sekaten ini diadakan menjelang perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW.
5.       Numplak Wajik
Upacara adat yang dilakukan menjelang Upacara GrebegMaulud Nabi Muhammad SAW. Di Kraton Ngayogyakarta. Diadakan 2-3 hari sebelum upacara Grebeg.
6.       Upacara Grebeg Maulud
Sebuah Upacara memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di alun2 utara Kraton Ngayogyakarta. Diadakan bertepatan dengan Maulud Nabi Muhammad SAW.
7.       Upacara Melasti
Sebuah Upacara yang dilakukan Oleh umat agama Hinduyang ada di Yogyakarta dan dilaksanakan di pantai parangkusumo, Parangtritis, Bantul. Upacara yang bertujuan memupuk keharmonisan hubungan dengan sesama dan meningkatkan Dharma Agama serta negara.
8.       Tingalan Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X
Upacara yang dilaksanakan oleh keraton Yogyakarta dengan tujuan memohon keselamatan untuk Sri Sultan Hamengkubuwono X dan diadakan di Bangsal Kencono Kraton Yogyakarta.
9.       Memperingati Berdirinya Kraton Yogyakarta
Upacara yang dilakukan oleh kraton Yogyakarta dalam rangka memperingati berdirinya Kraton Yogyakarta. Dilaksanakan di Bangsal Kencono Kraton Yogyakarta.
10.   Festival Kesenian Yogyakarta
Sebuah acara yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata Yogyakarta berisi aneka pentas kesenian dan budaya. Juga diisi dengan pameran seni. Dilaksanakan selama sebulan penuh di pertengahan tahun antara bulan juni sampai juli.
11.   Tingalan Jumenengan Dalem
Sebuah upacara yang diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta dalam Rangka memperingati kenaikan tahta Sri Sultan Hamengkubuwono X serta memohon keselamatan bagi Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dilaksanakan di Tratag Bangsal Kencono Kraton Yogyakarta.
12.   Upacara Labuhan
Upacara adat yang diselenggarakan dengan waktu yang bersamaan di dua tempat yang menjadi simbol Kraton Yogyakarta yaitu di Gunung Merapi dan Laut Selatan, sebagai permohonan keselamatan Sri Sultan Hamengkubuwono X.
13.   Upacara Nyadran
Upacara ini dilaksanakan hampir di seluruh tempat di Yogyakarta oleh masyarakat. Sebuah acara mengirim doa bagi para leluhur yang sudah meninggal. Diadakan pada bulan Ruwah menjelang bulan puasa.
14.   Malam Selikuran
Upacara yang dilakukan oleh masyarakat muslim Jawa dalam rangka menanti datangnya malam Lailatul Qadar ( Malam Seribu Bulan)
15.  Grebeg Syawal
Sebuah Upacara yang diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri dan bertepatan dengan tanggal 1 syawal. Dimeriahkan dengan Gunungan dan Kirab prajurit Kraton Yogyakarta. Biasanya di akhir acara masyarakat akan berebut untuk mendapatkan gunungan tersebut.
16.   Grebeg Besar
Upacara yang diadakan dalam rangka menyambut hari Raya Idul Adha dan dilaksanakan oleh Kraton Yogyakarta bertempat di alun2 Utara Kraton Yogyakarta.
17.   Merti Bumi Kaliurang
Upacara Adat ini diselenggarakan pada malam 1 suro di taman wisata kaliurang untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upacara diawali dengan Kirab Broto yaitu jalan membisu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar