Recent Posts :

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Gua Cerme, Keindahan stalagtit dan stalagmit

Gua Cerme
Gua Cerme
Gua Cerme (Cerme berasal dari kata ceramah) adalah gua yang mempunyai stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan. Gua Cerme akan menjadi tempat yang recomended dan favorit bagi anda yang gemar melakukan caving. Gua ini terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Konon katanya, gua ini pernah menjadi tempat yang digunakan walisongo untuk menentukan keputusan-keputusan yang penting.
 
Keistimwaan Gua Cerme:
  • Dengan panjang antara pintu masuk dengan ujung keluarnya mencapai 1,3 km, gua ini menawarkan sensasi petualangan yang tak tertandingi. 
  • Lorong utama dari gua Cerme tembus ke Luweng Ploso sepanjang 950 meter, selebihnya ada beberapa percabangan, yakni di Gua Pandu, di bawah air terjun Grojogan Sewu, dan lorong buntu Air Suci.
  • Sebelum masuk ke mulut gua kita harus menaiki bukit yang jumlahnya hampir mencapai 800 anak tangga. Sedikit melelahkan, tapi pemandangan yang ada di samping kanan-kiri dijamin akan menghilangkan rasa lelah itu. 
  • Setelah masuk ke dalam gua, kita bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit yang tersembunyi di dalamnya. Ini masih ditambah juga dengan aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Sungainya tidak terlalu dalam, sekitar 1 -1, 5 meter. Bahkan di beberapa tempat, atap gua cukup rendah yang membuat pengunjung harus merangkak agar bisa melewatinya. Namun di situlah terletak tantangannya.
  • Di dalamnya, anda bisa melihat banyak ruangan seperti panggung pertemuan, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, dan lain sebagainya. Penasaran? Rasakan sendiri sensasinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar